Fortnite Battle Royale

Fortnite Battle Royale adalah game video online battle royale gratis untuk dimainkan yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Epic Games. Ini adalah game pendamping Fortnite: Save the World, game bertahan hidup kooperatif dengan elemen konstruksi. Awalnya dirilis pada akses awal pada 26 September 2017, untuk Microsoft Windows, macOS, PlayStation 4, dan Xbox One, diikuti oleh port untuk iOS, Android, dan Nintendo Switch pada tahun berikutnya. Epic menjatuhkan label “akses awal” untuk Fortnite Battle Royale pada 29 Juni 2020 bersamaan dengan pengumuman bahwa periode akses awal Save the World telah berakhir. Versi untuk PlayStation 5 dan Xbox Series X direncanakan diluncurkan pada akhir 2020.

Konsep gim ini mirip dengan gim-gim sejenis sebelumnya: 100 pemain terjun payung ke sebuah pulau dan mengais perlengkapan untuk mempertahankan diri dari pemain lain. Pemain dapat bertarung sendiri (Solo), dengan satu pemain tambahan (Duos), atau dengan grup hingga tiga lainnya (Skuad). Saat pertandingan berlangsung, area yang dapat dimainkan di dalam pulau secara bertahap menyempit, memberi pemain semakin sedikit ruang untuk bekerja. Pemain atau tim terakhir yang masih hidup memenangkan pertandingan. Perbedaan utama dari orang lain dalam genre ini adalah elemen konstruksi gim, membiarkan pemain membangun dinding, hambatan, dan struktur lain dari sumber daya yang dikumpulkan untuk berlindung dari api yang masuk atau memberikan satu keuntungan pandangan strategis. Battle Royale menggunakan pendekatan musiman dengan tiket pertempuran untuk memperkenalkan konten kustomisasi karakter baru dalam game, serta acara dengan waktu terbatas, beberapa di antaranya sesuai dengan perubahan pada peta game. Sejak rilis awal, beberapa mode permainan lainnya telah diperkenalkan, termasuk “Battle Lab” dan “Party Royale”.

Ide untuk Battle Royale muncul setelah rilis PlayerUnknown’s Battlegrounds, sebuah game battle royale serupa yang sangat sukses, tetapi terkenal karena kekurangan teknisnya. Awalnya dirilis sebagai bagian dari versi akses awal Save the World, Epic kemudian mengalihkan permainan ke model permainan gratis yang didanai oleh transaksi mikro. Menyusul kenaikan popularitasnya, Epic membagi tim pengembangan, dengan yang satu fokus pada Battle Royale dan yang lainnya pada Save the World.

Battle Royale menerima ulasan positif dari para kritikus, yang memuji kurva pembelajaran, gameplay, gaya seni, multipemain, dan sistem perkembangannya, tetapi mencatat kemiripannya dengan game sebelumnya dalam genre tersebut. Popularitas game ini meningkat dengan cepat setelah dirilis, yang akhirnya melampaui Battlegrounds dalam jumlah dan pendapatan pemain secara keseluruhan. Jumlah pemain telah melampaui 350 juta pada Mei 2020, sedangkan pada Maret 2019, game tersebut telah menghasilkan lebih dari 2 miliar dolar di seluruh dunia. Gim ini telah menjadi fenomena budaya, dengan promosi melalui media sosial dan beberapa selebritas, termasuk Ninja, Marshmello, dan Drake, berkontribusi pada popularitas gim, mencapai rekor pemirsa tertinggi di platform streaming dalam prosesnya.